cari artikel

Wednesday, May 8, 2019

Rekrutmen Patriot Desa Jabar Juara Untuk Para Milenial Jawa Barat


Gubernur Jawa Barat Bapak Ir. Mochamad Ridwan Kamil dalam laman facebook akun pribadinya mengajak kepada Para Milenial Jawa Barat untuk bergabung dalam program One Village One Company (OVOC) sebagai Patriot Desa di Jawa Barat, berikut kutipan ajakan beliau :
HEY PARA MILENIAL, SIAP JADI CEO PERUSAHAAN DI DESA JAWA BARAT ?Yuk bergabung menjadi bagian dari Patriot Desa untuk mengabdi dan bekerja bersama-sama masyarakat untuk membangun #DesaJabarJuara
Patriot Desa yang merupakan bagian dari program One Village One Company (OVOC), akan menempatkan 100 orang yang terpilih selama satu tahun di 50 desa yang masih belum memiliki BUMDesa yang aktif sebagai Patriot Desa Jawa Barat Angkatan I. Patriot Desa bertugas memfasilitasi inisiasi BUMDesa dalam aspek penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas dan partisipasi masyarakat.
Kalau kamu adalah generasi millennials yang punya semangat membangun desa, siapkan dan tunjukkan kreativitas terbaikmu dalam karya tulis esai serta video profil untuk bergabung menjadi Patriot Desa Jawa Barat.” diakses dalam akun facebook pribadin Ridwan Kamil pada hari Rabu, 08 Mei 2019.
One Village One Company (OVOC) adalah payung program yang bertujuan untuk memandirikan desa dengan optimalisasi potensi sumber daya, baik manusia dan alamnya, melalui pemanfaatannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). OVOC berusaha menggeser pola pikir pembinaan menjadi pendampingan desa dan penguatan sinergi multi-stakeholder desa, agar desa bergerak menjadi mandiri dan mendayagunakan potensi desa untuk kemandirian desanya. Visi OVOC dalam usaha pencapaiannya, terdiri dari program Patriot Desa, Pendampingan BUMDes, dan Sekolah CEO.
Program Patriot Desa Jawa Barat merupakan bagian dari One Village One Company dalam rangka merintis BUMDes berbasis potensi desa. Untuk mencapai peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat, program Patriot Desa menghadirkan pemuda-pemudi yang akan melalui proses seleksi dan pembekalan untuk menjadi fasilitator lapangan yang bertugas melaksanakan pendampingan dengan skema live-in di desa-desa penempatan yang belum memiliki BUMDes yang aktif.
PERSYARATAN:
  • Pemuda-pemudi lulusan S1/sederajat maks. 35 tahun 
  • Diutamakan berasal dari /KTP/domisili di Provinsi Jawa Barat
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Pribadi yang berjiwa sosial, aktif, cerdas, bersemangat dan memiliki motivasi untuk mensejahterakan masyarakat
  • Memiliki pengalaman organisasi, kewirausahaan dan pemberdayaan/ kegiatan sosial
  • Diutamakan bagi yang berlatar belakang pendidikan dengan bidang berhubungan dengan pengembangan potensi desa dan bidang intervensi sosial
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian proses rekrutmen, pelatihan dan penugasan selama satu tahun di desa-desa terpilih di Jawa Barat
  • Mengunggah persyaratan administrasi berupa dokumen scan KTP, scan ijazah S1 dan daftar riwayat hidup (CV)
  • Membuat karya tulisa esai (maks. 1500 kata) dengan tema "Rencana menggapai mimpi saya tentang desadidukung dengan potensi diri saya"
  •  Membuat video pendek (maks. 3 menit) dengan tema "Mengapa saya layak menjadi Patriot Desa" kemudian unggah di akun Instagram Anda dengan menyertakan tagar #patriotdesajabar2019 serta follow dan tag akun @patriotdesa.jabarjuara

HAYU DAFTAR MENJADI PATRIOT
DESA JAWA BARAT


Periode Pendaftaran Daftarkan diri kamu di Contact WhatsApp
     9-27 Mei 2019    ovoc.jabarprov.go.id Chat WhatsApp : 08122.4700 536
WhatsApp Center

0 komentar

Post a Comment